A. Alur logika pemrograman komputer
1. Definisi Pemrograman
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug),
dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis
dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk
memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan'
sesuai dengan keinginan pemrogram.
2. Definisi Alogaritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang
disusun secara sistematis dan logis”. Kata Logis merupakan kata kunci dalam
Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat
ditentukan bernilai salah atau benar. Penyajian algoritma secara garis besar bisa
dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan
dengan tulisan yaitu pseudo code. Selanjutnya algoritma disajikan dengan
gambar, yaitu dengan Flowchart.
a. Pseudo : menyerupai, code: kode
Pseudo merupakan kode yang menyerupai kode program yang
sesungguhnya tidak ada aturan standar penulisannya, ditujukan untuk dibaca
manusia, bukan dibaca mesin (komputer). Contoh: Algoritma Mengirim pesan
WhatsApp.
Mulai
Ambil Handphone
Nyalakan Handphone
Buka Aplikasi WhatsApp jika sudah terinstal.
Jika belum download
aplikasinya
Pilih kontak penerima pesan
Tulis pesan
Kirim pesan
Selesai
b. Flowchart (Diagram Alir)
Flowchart atau bagan alir adalah gambar atau bagan yang memperlihatkan
urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini
dinyatakan dengan simbol.
Contoh flowchart:
Suatu Algoritma dapat terdiri dari tiga struktur dasar, yaitu
1) Struktur runtutan/beruntun: digunakan untuk program yang
pernyataannya sequential atau urutan. Contoh flowchart untuk
menghitung luas segitiga:
Proses pengubahan kode sumber (source code) menjadi bahasa mesin
(machine language) ini terdiri dari:
1) Struktur runtutan/beruntun: digunakan untuk program yang
pernyataannya sequential atau urutan. Contoh flowchart untuk
menghitung luas segitiga:
2) Struktur pemilihan/percabangan: digunakan untuk program yang
menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi. Contoh struktur
percabangan untuk masalah batasan umur.
3) Struktur perulangan: digunakan untuk program yang pernyataannya akan
di eksekusi berulang-ulang. Contoh flowchart untuk mencetak pernyataan
sebanyak 100x
B. Perangkat lunak bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa
komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk
memerintah komputer. Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer,
bahasa pemrograman terdiri dari:
- Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner contohnya 01100101100110
- Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP.
- Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||.
- Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interprete
- Kompilasi, semua kode sumber dibaca terlebih dahulu dan jika tidak ada kesalahan dalam menulis program maka akan dibentuk kode mesinnya sehingga program bisa dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut Compiler. Program hasil kompilasi akan berbentuk executable. Bahasa yang menggunakan teknik kompilasi misalnya bahasa C, C++, Pascal, Assembly dan masih banyak lagi
- Interpretasi (Interpretation), kode program akan dibaca perbaris dan dieksekusi perbaris. Jika ditemukan kesalahan dalam penulisan program maka di baris kesalahan itulah program akan dihentikan.
- Kompilasi sekaligus Interpretasi, ada juga bahasa pemrograman yang menghasilkan programnya dengan teknik kompilasi sekaligus interpretasi. Misalnya bahasa java. Dalam pembuatan program java kode sumber diubah menjadi bytecode.
1. Pengenalan bahasa pemrograman Bahasa C
Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang
dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini
memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa
yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa
B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone
Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).
2. Pengenalan IDE Dev C++
IDE(Integrated Development Environment) merupakan Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program. IDE dari Dev C++, digunakan untuk: a) Menulis naskah program. b) Mengkompilasi program (Compile) c) Melakukan pengujian program (Debugging) d) Mengaitkan Object dan Library ke Program (Linking ) e) Menjalankan program (Running)
- Menulis naskah program
- Mengkompilasi program (Compile)
- Melakukan pengujian program (Debugging)
- Mengaitkan Object dan Library ke Program (Linking )
- Menjalankan program (Running)
Komentar
Posting Komentar