A. Alur logika pemrograman komputer


1.     Definisi Pemrograman 
           Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan pemrogram. 

2.     Definisi Alogaritma 
           Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu pseudo code. Selanjutnya algoritma disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart.



a. Pseudo : menyerupai, code: kode 
        Pseudo merupakan kode yang menyerupai kode program yang sesungguhnya tidak ada aturan standar penulisannya, ditujukan untuk dibaca manusia, bukan dibaca mesin (komputer). Contoh: Algoritma Mengirim pesan WhatsApp. 

                   Mulai 
                   Ambil Handphone 
                   Nyalakan Handphone 
                   Buka Aplikasi WhatsApp jika sudah terinstal.
                   Jika belum download aplikasinya
                   Pilih kontak penerima pesan 
                   Tulis pesan 
                   Kirim pesan
          
                   Selesai 
b. Flowchart (Diagram Alir) 
         Flowchart atau bagan alir adalah gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. 
          Berikut adalah simbol flowchart yang sering digunakan:


               Contoh flowchart:

Suatu Algoritma dapat terdiri dari tiga struktur dasar, yaitu
1) Struktur runtutan/beruntun: digunakan untuk program yang
    pernyataannya sequential atau urutan. Contoh flowchart untuk
    menghitung luas segitiga:

  2) Struktur pemilihan/percabangan: digunakan untuk program yang
      menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi. Contoh struktur 
      percabangan untuk masalah batasan umur.
3) Struktur perulangan: digunakan untuk program yang pernyataannya akan
    di eksekusi berulang-ulang. Contoh flowchart untuk mencetak pernyataan 
    sebanyak 100x
B. Perangkat lunak bahasa pemrograman 
            
         Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  1.  Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner contohnya 01100101100110 
  2.  Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP. 
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||.
  4.  Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interprete

Proses pengubahan kode sumber (source code) menjadi bahasa mesin (machine language) ini terdiri dari:
  1.  Kompilasi, semua kode sumber dibaca terlebih dahulu dan jika tidak ada kesalahan dalam menulis program maka akan dibentuk kode mesinnya sehingga program bisa dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut Compiler. Program hasil kompilasi akan berbentuk executable. Bahasa yang menggunakan teknik kompilasi misalnya bahasa C, C++, Pascal, Assembly dan masih banyak lagi 
  2. Interpretasi (Interpretation), kode program akan dibaca perbaris dan dieksekusi perbaris. Jika ditemukan kesalahan dalam penulisan program maka di baris kesalahan itulah program akan dihentikan. 
  3. Kompilasi sekaligus Interpretasi, ada juga bahasa pemrograman yang menghasilkan programnya dengan teknik kompilasi sekaligus interpretasi. Misalnya bahasa java. Dalam pembuatan program java kode sumber diubah menjadi bytecode.
      Berikut beberapa bahasa pemrograman: 1). Bahasa pemrograman C; 2). Bahasa pemograman JAVA; 3). Bahasa pemograman PYTHON; 4). Bahasa pemograman RUBY; 5). Bahasa Pemrograman XML; 6). Bahasa pemograman ColdFusion; 7). Bahasa pemograman PHP; 8). Bahasa pemograman HTML; 9). Bahasa pemograman COBOL; 10). Bahasa pemograman MICROSOFT VISUAL BASIC

1. Pengenalan bahasa pemrograman Bahasa C
      Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).


2. Pengenalan IDE Dev C++ 
       IDE(Integrated Development Environment) merupakan Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program. IDE dari Dev C++, digunakan untuk: a) Menulis naskah program. b) Mengkompilasi program (Compile) c) Melakukan pengujian program (Debugging) d) Mengaitkan Object dan Library ke Program (Linking ) e) Menjalankan program (Running)

  1.  Menulis naskah program
  2.   Mengkompilasi program (Compile) 
  3.  Melakukan pengujian program (Debugging) 
  4.  Mengaitkan Object dan Library ke Program (Linking ) 
  5.  Menjalankan program (Running)

Komentar